Benih Unggul, Produksi Berjibun

Benih Unggul, Produksi Berjibun

Musim tidak menentu? Khawatir banyak penya kit pada tanaman jagung? Jangan risau! “Si Bandel” hadir untuk mengobati kegalauan petani jagung. Benih jagung Bioseed B-89 asal negara “Bollywood” ini sudah teruji ketangguhannya di Bumi Pertiwi. Saat ini, petani jagung pengguna benih “Si Bandel” sudah tersebar di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Gorontalo, hingga Sulawesi Utara.

Lima Keunggulan

National Sales Manager PT Shriram Seed Indonesia (SDI), Muhamad Saifi, memaparkan keunggulan Bioseed B-89. “Jagung ini merupakan hibrida modifikasi silang tunggal yang memiliki kelebihan umur pendek sehingga bisa dua kali tanam,” ujar Saifi yang sudah lama melanglang buana di bisnis benih jagung.

Jagung Bioseed B-89 produksi Shriram Seed tersebut menawarkan lima fitur utama. Produksi tinggi hingga 9,1 ton/ha dengan potensi 12,7 ton/ha. Cocok ditanam rapat dengan jarak 65 cm x 20 cm. Umur pendek, 95 100 hari setelah tanam. Rendemen jagungnya tinggi di atas 80%, dan lebih tahan/toleran terhadap kekeringan.

Mengapa bisa ditanam rapat? Saifi menjelaskan, faktor utamanya lantaran pertumbuhan daun jagung yang tegak. “Karena daunnya tegak, jadi tidak saling menyilang, daun tersinari maksimal, pembungaan tidak terganggu, dan pastinya semua tanaman akan berbuah,” klaimnya. Karena itu B-89 sangat cocok ditanam rapat.

Di Jawa Tengah, “Si Bandel” sudah terbukti kebandel annya seperti diungkapkan Nana Sukarna. “Lahan kami endemik bulai. Tapi alhamdulillah, dengan benih B-89 kami masih bisa panen. Hasilnya mencapai 90%,” terang petani yang sudah bertanam jagung sejak 1997 di Dusun Kuncen, Desa Jambangan, Kec. Geyer, Kab. Grobongan, Jateng.

Selain itu, benih jagung Bioseed B-54 dan B-70 juga membuat Nana berdecak kagum. “B-70 luar biasa itu. Pertumbuhannya cepat, biji mengkilap, dan hasilnya sekitar 11,5 ton/ha,” komentarnya puas. Siapa menyusul?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *